Blog

5 TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG EFISIEN SEBAGAI MODAL MASA DEPAN

Mempersiapakan rancangan program belajar agar diketahui seberapa konsisten dan pengarah terhadap materi apa saja yang diperlukan. Pembentukan program belajar ini tidak perlu serumit mungkin, asalkan dapat diprediksi segala keuntungan yang akan dihasilkan setelahnya. Berikut langkah – langkahnya :

1. Siapkan buku atau aplikasi catatan sebagai media utama.

2. Tuliskan kata – kata affirmatif untuk memotivasi berupa qoutes ataupun pemaparan tujuan belajar kita.

3. Tuliskan skala prioritasnya mengenai pilihan materi yang diperlukan.

4. Sisipkan waktu belajarnya dan persiapkan alarm. Lakukan minimal dua kali belajar seminggu dalam kurun waktu 1 jam sampai 2 jam.

5. Mencari sumber materi yang telah ditentukan berupa Buku Kajian Bahasa Inggris ataupun media daring.

2) Pahami pembagian Language Skills

Terdapat empat keterampilan bahasa yang menjadi dua katagori, yaitu :

A. Keterampilan Aktif (Active Skills)

• kemampuan berbicara (Speaking skill) dengan perbanyak idiom, Bahasa gaul (Slang), singkatan kata, Grammar umum, dan frasa umum.

• kemampuan menulis (Writing skill) dengan banyak praktik menulis mengenai apapun dan fokuskan pada kosakata yang formal dengan variasi Grammar.

B. Keterampilan Pasif (Passive Skills)

• kemampuan mendengarkan (Listening Skill) dengan pembiasaan setiap belajar untuk mendengar musik dan video Berbahasa Inggris.

• kemampuan membaca (Reading Skill) melalui buku dan media bacaan Berbahasa Inggris untuk membiasakan diri menganalisah serta memahami setiap kata.

Usahakan kedua katagori ini terdapat di setiap materi belajar agar proses belajarnya lebih cepat.

3) Lakukan pembelajaran dengan gaya sendiri

Sebagai pelengkap programnya, cara – cara belajarnya harus semenarik mungkin agar tidak membosankan dan disesuaikan dengan waktu serta porsi kenyamanan belajar sendiri, misalkan :

1) Mulai pembelajaran dengan membaca buku atau media bacaan lain yang bermanfaat

2) Buat ringkasan apa yang telah dibaca dengan gagasan sendiri

3) Rileksasi 15 menit

4) Latih pengucapan dengan bernyanyi lagu Bahasa Inggris agar dapat memproduksi kata – kata umum disertai cara pengucapannya

5) Akhirkan pembelajaran dengan menonton film atau video yang informatif. Pasang subtitle Bahasa Inggris agar lebih terbiasa.

4) Aplikasikan pada keseharian

Agar lebih mengenal, maka gunakan Bahasa Inggris dalam keseharian secara fleksible tanpa harus mengikuti program belajar. Sebagai contoh :

• Biasakan baca berita Berbahasa Inggris setiap hari

• Perbanyak mendengar lagu Bahasa Inggris dengan genre yang disukai

• Sesering mungkin mengekspresikan segala hal dengan Bahasa Inggris pada diri sendiri atau orang lain

• Tulis pada catatan keseharian tentang curahan hati atau cerita unik yang terjadi dalam Bahasa Inggris

• Bermain game online dengan pengaturan Bahasa Inggris.

5) Bergabung pada Komunitas atau organisasi bahasa sekitar

Outing Class English Club SMA Negeri 9 Tangerang Tahun 2019

Cari dan ikuti perkumpulan yang berhubungan dengan bahasa, dimana itu akan menjadi wadah kita untuk lebih jauh menerapkan keterampilan bahasa kita. English Club sebagai salah satunya yang menjadi ekstrakurikular berbentuk organisasi di banyak sekolah. Melalui ekstrakurikular tersebut, saya sendiri dapat mengembangkan pemakaian kemampuan Bahasa Inggris melalui program yang diusung seperti Outing Class, gerakan belajar Anggota English Club antar mitra sekolah, dan kegiatan pendalam materi untuk persiapan perlombaan yang biasa tersedia. Selain dapat mengembangkan dalam segi bahasa, kita juga dapat mempersiapkan diri untuk kedepannya dengan bertanya kepada anggotanya yang telah sukses dalam karier mereka.

Cara mudahnya adalah masuk ke dalam Kursus Bahasa Inggris. Pastikan kursus tersebut menyediakan wadah untuk kita aktif mendapatkan informasi penting, pun fokus mengembangkan keterampilan dengan banyak praktiknya bukan hanya teori. Salah satunya, kamu bisa bergabung ke dalam Kursus EF-English First. Di kursus tersebut terdapat banyak ragam program yang berhubungan dengan masa depan, seperti Program Pendidikan di luar negeri.  

Setelah kita mengetahui manfaat dan caranya, tentu melakukannya sebagai kelanjutanya. Ingat baik – baik kata kunci belajarnya adalah Practice Makes Perfect, maka perbanyak penggunaan Bahasa Inggris dalam keseharian baik didasari program belajarnya ataupun tidak.

Process will create Progress, then Progress will create Success

Sebagai motivasi, Jangan remehkan serta nikmatilah segala proses yang dilakukan untuk dilaluinya sebagai progres, dan pengembangan progres akan menjadi bentuk hasil kesuksesannya kemudian.

Belajar Bahasa Inggris itu sangat menguntungkan dan mengasyikan, bukan ?. Banyak sekali manfaat dan cara yang kita dapat kembangkan dalam Belajar Bahasa Inggris ini disesuaikan dengan kemampuan diri. Nah, memang berguna sekali peran Bahasa Inggris sebagai modal untuk mencetak cita – cita kita di masa depan.

Penulis : Ahmad Habibullah

Saya generasi muda yang peduli literasi! Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021: https://www.ef.co.id/writing-competition

Sumber Referensi :

A. https://www.ef.co.id/pg/

(EF Program Kursus Pendidikan Luar Negeri)

B. https://youtu.be/MMmOLN5zBLY

(TED Ed – Kesehatan Kinerja otak Melalui Belajar Multi Bahasa) 

C. https://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/

(EF EPI – Indeks Data Kemampuan Bahasa Inggris Di Indonesia)

D. https://amp.kompas.com/edu/read/2021/08/05/162355371/10-bahasa-paling-banyak-digunakan-di-dunia-indonesia-nomor-berapa

(Data Jumlah Penutur Bahasa Inggris Tahun 2021)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *