Blog

Kanwil DJBC Sumbagtim Buka Penerimaan PPNPN, Banyak Formasi Tersedia, Cek Persyaratannya

Informasi Lowongan Kerja dari Kanwil DJBC Sumbagtim

Kanwil DJBC Sumbagtim, yang merupakan unit kerja vertikal di bawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, kembali membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk bergabung dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dan Tenaga Kesehatan di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur Tahun Anggaran 2026. Lowongan ini akan berlangsung pada bulan November 2025 hingga Desember 2025.

Jenis Posisi yang Dibuka

Berikut adalah beberapa posisi yang tersedia:

  • Petugas Keamanan Dalam (PKD)

    Jumlah: 12 orang

    Kode Posisi: PKD

  • Cleaning Service (CS)

    Pria: 6 orang

    Wanita: 4 orang

    Kode Posisi: CS

  • Driver (DRV)

    Jumlah: 2 orang

    Kode Posisi: DRV

  • Receptionist (RCP)

    Jumlah: 2 orang

    Kode Posisi: RCP

  • Gardener (GDN)

    Jumlah: 2 orang

    Kode Posisi: GDN

  • Teknisi (TEK)

    Jumlah: 2 orang

    Kode Posisi: TEK

  • Perawat (NRS)

    Jumlah: 1 orang

    Kode Posisi: NRS

Persyaratan Umum

Untuk dapat mendaftar, pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan umum seperti:

  • Warga Negara Indonesia dengan bukti Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Membuat daftar riwayat hidup/ Curriculum Vitae;
  • Berpenampilan rapi;
  • Mampu bekerja sama dalam tim;
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Unit Kesehatan Pemerintah (Puskesmas atau RS Pemerintah);
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dibuktikan dengan hasil tes laboratorium dan surat keterangan bebas narkoba dari Unit Kesehatan Pemerintah (Puskesmas atau RS Pemerintah);
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurangan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena suatu tindak kejahatan;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku;
  • Bersedia bekerja lembur apabila dibutuhkan;
  • Tidak sedang bekerja/terikat kontrak dengan instansi pemerintah/ perusahaan lain;
  • Tidak menuntut untuk diangkat menjadi CPNS/PNS/ASN di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur, Kementerian Keuangan; dan
  • Bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Persyaratan Khusus

Setiap posisi memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pelamar. Contohnya:

  • Petugas Keamanan Dalam (PKD)

    Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Tinggi minimal 165cm;

    Memiliki Sertifikat Pelatihan Keamanan / Satpam;

    Dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A;

    Bersedia bekerja dengan sistem shift;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Cleaning Service (CS)

    Pria atau Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Driver (DRV)

    Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun (bagi pelamar baru), 50 tahun (bagi pegawai lama) per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Receptionist (RCP)

    Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 25 tahun per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Berpenampilan Menarik;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Gardener (GDN)

    Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 45 tahun per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Teknisi (TEK)

    Pria dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 40 tahun per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat;

    Diutamakan dapat mengemudikan kendaraan Roda 4 dengan transmisi manual ataupun automatic dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) A;

    Diutamakan memiliki Sertifikat Keahlian di bidang Teknik;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

    Diutamakan memiliki keahlian di bidang olahraga.

  • Perawat (NRS)

    Wanita dengan minimal usia 20 tahun dan maksimal 30 tahun per tanggal 1 Januari 2026;

    Lulusan pendidikan minimal D3 Keperawatan atau sederajat;

    Memiliki Surat Tanda Regsitrasi (STR) yang masih berlaku;

    Diutamakan memiliki pengalaman yang dibuktikan dengan surat pengalaman kerja;

Periode Pendaftaran

  • Penyampaian Berkas Lamaran : 20 Nopember s.d. 15 Desember 2025
  • Seleksi Adminitrasi : 16 Desember s.d.17 Desember 2025
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 18 Desember s.d. 19 Desember 2025
  • Seleksi Kompetensi dan Wawancara, yang terdiiri dari:

    Test Fisik (Bagi PKD) : 20 Desember s.d. 21 Desember 2025

    Wawancara : 22 Desember s.d. 23 Desember 2025
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 30 Desember 2025

Cara Pendaftaran

Pelamar harus mengirimkan surat lamaran dan dokumen persyaratan yang telah ditandatangani melalui pos/ekspedisi/antar langsung/email, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Untuk pengiriman melalui pos/ekspedisi/antar langsung surat lamaran ditujukan kepada:

    PANITIA PENERIMAAN PPNPN DAN TENAGA KESEHATAN

    KANWIL DJBC SUMATERA BAGIAN TIMUR

    R. SOEKAMTO NO.48, PALEMBANG 30127

  • Pengiriman surat lamaran dan dokumen persyaratan diterima mulai tanggal 20 Nopember 2025 Pukul 08.00WIB dan diterima paling lambat tanggal 15 Desember 2025 Pukul 17.00WIB.

  • Surat lamaran disertai dengan dokumen persyaratan yang disusun secara berurutan (dari atas) sebagai berikut:
    Pas foto berwarna terbaru (maksimal 6 bulan terakhir) dengan ukuran 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar;
    Fotokopi KTP;
    Surat lamaran kerja;
    Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae;
    Surat Keterangan Sehat dari Unit Kesehatan Pemerintah;
    Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Unit Kesehatan Pemerintah, dilengkapi dengan bukti hasil cek laboratorium;
    Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
    Fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisasi;
    Fotokopi sertifikat pelatihan keamanan/satpam yang dilegalisasi bagi pelamar posisi Petugas Keamanan Dalam (PKD);
    Fotocopy SIM A bagi pelamar posisi Petugas Keamanan Dalam (PKD), Driver (DRV), dan Teknisi (TEK);
    Fotocopy STR bagi pelamar posisi perawat (NRS);
    Surat keterangan bekerja sebelumnya (apabila sudah memiliki pengalaman kerja);
    *Sertifikat / Piagam di Bidang Olahraga (apabila memiliki).

  • Menyampaikan lamaran dalam amplop tertutup disertai kelengkapan dokumennya serta mencantumkan kode posisi yang dilamar pada pojok kanan atas.

Informasi Tambahan

  • Seluruh pengumuman dan informasi terkait penerimaan PPNPN dan Tenaga Kesehatan di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur dapat diakses melalui akun Instagram @bckanwilsumbagtim, dan Pengumuman Tertulis di Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Timur, Jl. R. Soekamto No. 48, Palembang.
  • Seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pendaftar/pelamar tidak ditanggung oleh Panitia.
  • Apabila selama proses seleksi sampai dengan penetapan kelulusan diketahui bahwa pendaftar/pelamar memberikan informasi/data yang tidak benar, Panitia berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan sebagai pendaftar/pelamar dalam rangka pelaksanaan administrasi.
  • Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap/proses seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Panitia tidak memungut biaya apapun kepada pendaftar/pelamar.
  • Kelulusan pendaftar/pelamar ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi masing-masing.
  • Apabila ada pihak yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *